Halaman

Senin, 29 Oktober 2012

Fungsi utama trigonometri di excel 2010


Fungsi utama trigonometri di excel 2010. Seperti pada microsoft excel 2003 /2007 pada Excel 2010 terdapat 13 fungsi utama yang berkaitan dengan perhitungan trigonometri
Fungsi utama trigonometri tersebut adalah:

1. ACOS Returns the arccosine of a number
Fungsi ACOS merupakan fungsi yang akan menghasilkan nilai arcus cosinus sebuah angka
2. ACOSH Returns the inverse hyperbolic cosine of a number
Fungsi ACOSH akan menghasilkan nilai invers cosinus hiperbolik sebuah angka
3. ASIN Returns the arcsine of a number
Fungsi ASIN akan menghasilkan nilai invers sinus sebuah angka
4. ASINH Returns the inverse hyperbolic sine of a number
Fungsi ASINH akan menghasilkan nilai invers sinus hiperbolik atau arcus sinus hiperbolik sebuah angka
5. ATAN Returns the arctangent of a number
Fungsi ATAN akan menghasilkan nilai invers tangen atau arcus tangen sebuah angka
6. ATAN2 Returns the arctangent from x- and y-coordinates
Fungsi ATAN2 akan menghasilkan nilai arcus tangen dalam kordinat xy
7. ATANH Returns the inverse hyperbolic tangent of a number
Fungsi ATANH akan menghasilkan invers tangen hiperbolik sebuah angka

8. COS Returns the cosine of a number
Fungsi COS akan menghasilkan nilai cosinus sebuah angka
9. COSH Returns the hyperbolic cosine of a number
Fungsi COSH akan menghasilkan nilai cosinus hiperbolik sebuah angka
10. SIN Returns the sine of the given angle
Fungsi SIN akan menghasilkan nilai sinus sebuah angka
11. SINH Returns the hyperbolic sine of a number
Fungsi SINH akan menghasilkan nilai sinus hiperbolik sebuah angka
12. TAN Returns the tangent of a number
Fungsi TAN akan menghasilkan nilai tangen sebuah angka
13. TANH Returns the hyperbolic tangent of a number
Fungsi TANH akan menghasilkan tangen hiperbolik sebuah angka

Fungsi pendukung antara lain:
1. DEGREES Converts radians to degrees
Fungsi ini berfungsi untuk menkonversi nilai radian ke sudut
2. RADIANS Converts degrees to radians
Fungsi ini berfungsi untuk menkonversi nilai sudut  ke radian
3. PI Returns the value of pi
Fungsi ini untuk menghasilkan nilai PI  (22/7 atau 3.14285714

Dari ke 16 fungsi di atas masih dapat dibuat fungsi-fungsi trurunan maupun menggunakan langsung di dalam formula excel untuk perhitungan trigonometri.

Penggunaan SUMIF pada interval data di excel 2010


Fungsi SUMIF merupakan salah satu fungsi matematika yang mempunyai ciri khas untuk menjumlahkan sekumpulan data dalam range tertentu berdasarkan kriteria yang diinginkan. Dalam contoh ini akan digunakan sebuah kriteria berupa interval data.

Secara umum syntax fungsi sumif seperti di bawah ini:
SUMIF(range, criteria, [sum_range])
range = range data yang akan di cek kriterianya
criteria = adalah syarat yang akan diterapkan pada data
sum range = range yang datanya akan dijumlahkan

Untuk memudahkan penggunaan fungsi sumif silahkan buat tabel seperti di bawah ini:

1.Tabel Data



2. Rumus
a. Di sel E3 ketik rumus
=D3-C3
b. Di sel D11
=SUMIF(E3:E9,">0",E3:E9)
c.Di sel D12
=SUMIF(E3:E9,"<0",E3:E9)
3. Hasilnya akan seperti di bawah ini

Selisih harga jual >harga beli = 85000
Selisih harga jual <harga beli = 7000

Cara mengganti warna gridline worksheet excel 2010


Jika bosan dengan tampilan gridline excel yang berwarna abu-abu, maka sahabat bisa mengubah warna gridline excel menjadi berbeda dengan warna defaultnya. Dengan mengubah warna gridline maka tampilan worksheet akan sedikit lebih unik karena warnanya sesuai dengan selera pengguna.


Untuk merubah warna gridline worksheet excel bisa ikuti langkah berikut:

1.Di Menu File pilih Options



2. Pada window Excel Options
Pada tabulasi Advanced pilih salahsatu warna yang ada pada dropdown color di sisi kanan Gridline color
Klik OK
Dalam contoh ini saya menggunakan warna merah, silahkan dipilih warna lain sesuai kesukaan sobat.
Jika berhasil maka warna gridline akan berubah sesuai warna yang dipilih.

Membuat gambar background worksheet excel 2010


Secara default tampilan background worksheet (lembar kerja) excel adalah berwarna putih. Sebenarnya excel menyediakan fiture untuk mengganti gambar latar tersebut dengan gambar yang pengguna inginkan. Jika punya foto pribadi, foto liburan atau foto kegemaran lainnya, maka gambar tersebut bisa dipasang menjadi background excel sehingga sambil bekerja di excel sekaligus dapat terhibur dengan tampilan foto tersebut.

Untuk menampilkan foto/gambar menjadi background worksheet excel, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Di Menu bar pilih tabulasi Page Layout - Background



2. Akan muncul kotak dialog Sheet Background, pilih salah satu gambar yang ada di dikomputer, dalam contoh ini saya menggunakan gambar yang ada di direktori Picture Library , yaitu gambar koala
Double klik gambar tersebut, atau klik tombol insert

3. Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini, tampilan lembar kerja excel sedikit berbeda jika dibandingkan dengan tampilan standard.

Mengetik bilangan pangkat di excel 2010


Terkadang saat membuat tabel atau mengolah data di excel dibutuhkan penulisan bilangan berpangkat. Jika bilangan pangkat tersebut hanya dalam bentuk sederhana seperti sentimeter pangkat dua (cm2, m2,km2,x2dan sejenisnya) maka icukup menggunakan fitur superscript excel, namun jika bentuk persamaanya lebih kompleks maka sebaiknya menggunakan equation editor (fitur ini hanya terdapat pada microsoft excel 2010, equation editor hanya tersedia untuk word jika sobat pengguna microsoft office 2007, 2003).

Untuk menulis bilangan pangkat di excel , silahkan ikuti langkah berikut:

1. Ketik sebuah angka/teks  di dalam sebuah sel , misalnya cm2 (sentimeter persegi)
Blok angka 2 selanjutnya klik kanan, di popup menu pilih Format Cells



2. Di Window Format Cells, klik pada Superscript (pastikan tanda centangnya aktif)
Klik OK
3. Sekarang angka duanya sudah kelihatan sebagai pangkat, seperti gambar di bawah

Menulis rumus kimia di excel menggunakan subscript


Jika belajar kimia maka sering dijumpai rumus kimia yang saat menuliskan angka dibutuhkan tampilan bilangan yang letaknya agak ke bawah dari simbol huruf yang berada di depan atau belakang angka tersebut, misalnya  H20 , C2H4. Sama seperti di microsoft word, penulisan rumus kimia tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan fitur subscript.

Untuk mengetik formula kimia (rumus kimia)  di atas bisa ikuti langkah berikut:

1. Pertama ketik H20 (letak angka 2 masih sejajar dengan H dan O)
Selanjutnya blok angka 2 , kemudian klik kanan maka akan muncul popup menu
Di menu popup pilih Format Cells


2. Akan tampil window Format Cells seperti gambar di bawah
Pada bagian Effects , centang Subscript
Klik OK

3. Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini

Selain cara di atas bisa juga menggunakan fasilitas equation editor.

Membuat watermark di excel 2010 menggunakan Header Footer Tools


Microsoft Excel 2010 belum menyediakan fitur untuk pembuatan watermark di worksheet. Fitur watermark hanya terdapat pada microsoft office word. Namun dengan menggunakan fasilitas insert picture yang ada pada bagian header dan footer excel, maka dapat dibuat watermark yang tampilannya mirip dengan watermark pada word. Watermark di excel ini adalah gambar background yang tampilannya tersamar karena telah dimodifikasi menggunakan fitur washout. Watermark ini secara default akan tercetak saat melakukan print dokumen excel.

Jika ingin mencoba menampilkan/membuat waternark di excel bisa ikuti langkah berikut:

1. Buat sebuah dokumen di excel
Di Menu Bar pilih Insert , kemudian di ribbon menu pili Header & Footer Text




2. Akan tampil lembar kerja seperti di bawah ini, di lembar kerja klik pada area Header
Di Menu Bar Pilih/klik Header & Footer Tools
Di Ribbon Menu pilih Picture

3. Akan muncul koak dialog Insert Picture seperti di bawah ini
Pilih salah satu gambar yang ada di komputer, dalam contoh saya menggunakan gambar Penguins
Klik Insert
4. Setelah gambar tampil di lembar kerja, masih terdapat kekurangan yaitu gambar masih tampil apa adanya sehingga perlu dilakukan pengaturan agar gambar tersebut tampil seperti watermark (tanda air).
Klik pada Header area (&Picture)
Klik Header & Footer Tools - Format Picture

5. Akan tampil window seperti di bawah ini
Pilih Tabulasi Picture, di bagian Image Control pilih Washout
Klik OK
6. Gambarnya secara otomatis menjadi watermark, namun jika gambar tidak menutup penuh seluruh bagian lembar kerja, maka pada area Footer
Klik Footer, selanjutnya insert image (seperti pada langkah 2 hingga 5)

5.Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini. Setiap berpindah halaman maka watermark akan otomatis dibuat oleh excel.